Wednesday, February 4, 2009

What a lunch...!

Green Papaya Salad adalah makan siang saya hari ini. Mulanya, waktu ke pasar kemarin, pas lagi nyari-nyari pepaya, malah ngeliat tukang papaya lagi bikin serutan papaya muda. Karena waktu itu lagi konsen nyari pepaya buat sarapan, maka waktu itu yang kepikir cuman, 'Oooo...asik nih bisa beli sudah diserut..". Maklum, kayak di Thailand, orang vietnam juga doyan makan rujak pepaya muda, tapi menurut saya bumbunya agak beda.

Nah..! tadi pagi waktu ke pasar Hoa Binh, selagi beli tahu, saya ngelewati tukang jual salad yang sudah diserut ini. Ada pepaya mudah dan labu siam (atau blonceng yaw? atau pepaya yang lebih mudah lagi...tau ah gelap..hehehe). maka belilah saya. Saya tunjuk yang agak orange, 2000, yang hijau,2000. Artinya saya minta masing-masing 2000 vnd. Eh...orangnya malah mencampur. Pikir saya, "Wak oke juga boleh dicampur, gak papa deh.." dan bayarnya 2000 vnd saja. banyak lagi. Setidaknya bisa buat 2x makan, kalau dikit-dikit ya bisa 3-4x.

Nah...! (kok nah lagi...) Jadilah ini salad buat makan siang. Dessertnya, labu kukus. Mau dibilang bukan dessert ya gak papa, wong kadang-kadang labu kukus saya jadikan makanan utama, kadang saya campur bareng salad. jadi ya suka-suka aja

Labu kukusnya saya kasih parutan kelapa & taburan kacang cincang. Si kelapa parut ini ada kisahnya. Biasanya kalau beli kelapa parut buat nasi kuning atau santan nya kacang ijo, suka sebel karena ada parutan kulitnya jadi gak putih warnanya. karena biasanya kalau ke pasar, kelapanya sudah diparut semua, tinggal dibungkus. Nah... Waktu sekitar Imlek, sudah balik dari liburan, pas lagi jalan pagi terus mampir ke pasar, si ibu langganan saya itu, lagi baru buka, kelapanya belum diparut, dan karena saya beli sedikit gak sampai dapet kulit coklatnya, jadi saya dapat kelapa putih..hore! Berdasarkan pengalaman itu, pagi-pagi buta, jam 6 tadi, (hari gini di Saigon, jam 6 masih rada gelap...), buru-buru lah saya ke pasar, sebelum si Ibu mulai parut memarut. Puji Tuhan, dia baru buka, malah kayaknya hari ini dia kebanyakan ngasihnya dibanding yang lalu ;).

Lucunya, setelah itu kan ke pasar Hoa Binh tadi, di tempat penjual kelapa, malah banyak dijual kelapa parut, dalam dua versi. Yang putih bersih dan yang kena campuran kulitnya.... haha (gak tau juga kenapa saya ketawa, apa itu artinya besok-besok saya gak usah lari-lari ke pasar pagi buta? kayaknya enggak deh, karena di pasar gede itu, agak susah mau beli 1000-2000 aja, murahnya kalau beli 1 kg dan kelipatannya. Lha buat apa kelapa parut sekilo atuh...). Revisi:ternyata di pasar Hoa Binh bisa beli si kelapa parut cuman 2000 aja :D












Fresh Green Papaya Salad with
Tamarind Sauce & Crushed Peanuts













Steamed Pumpkin with Shredded
Coconut



A satisying Lunch....! Hmm Hmmm

No comments: