Thursday, February 5, 2009

Sugarless Steamed Banana Cake

Ide bikin kue ini, karena Fifo gemar banget kue pisang alias Banh Cuoi di Nguyen Thi Minh Khai. kalau kata saya sih, itu kue pisang pakai tepung beras. Banyak juga yang dijual dengan menggunakan roti tawar. Nah, kemarin ke pasar beli pisang ambon (biarpun di Vietnam, tetap aja saya sebut pisang ambon hehehe...), jadi hari ini busy in the kittchen deh. Setelah orang-orang pada ngantor, saya ngantor dulu di dapur. yang paling lama adalah sibuk memeras kelapa parut buat santan.

Untuk kue pisang ini, saya pakai Quinoa sebagai gantinya tepung beras, dan 2 buah pisang yang saya hancur leburkan (duilah...serem amat..), tapi karena lupa menghancurkan di mangkok yang berbeda, maka pisangnya tidak terlalu lembut. Gak papa lah, kata Fifo kalau sudah di perut semua makanan sama aja hihihi... Seperti biasa saya kalau masak gak punya takaran. Quinoanya berapa sendok? saya gak ngitung. Santan nya? dikira-kira sendiri, kalau mau agak padat ya..sedikit aja. Kalau mau empuk ya santan nya banyakan, asal jangan terlalu encer, nanti tidak bisa padat. Soalnya ini kue tidak menggunakan telur sama sekali.

Paling bawah saya tuangi adonan quinoa yang sudah bercampur pisang lumat, lalu ditaruh potongan pisang segar, adonan quinoa lagi, pisang lagi. Tingginya terserah, asal jangan terlalu penuh nanti tumpah waktu dikukus.

Kue ini tidak menggunakan gula sama sekali. Masak? Swear! rasa manis datang dari buah asli, si pisang.... ;) Sehat kan?

No comments: